New Step by Step Map For belajar

Wiki Article

Dengan adanya proses belajar, maka akan menciptakan interaksi sosial. Hal ini bukan tanpa alasan karena ketika belajar pastinya seseorang tidak melakukannya sendiri.

[1] Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini, dalam belajar yang penting adalah enter yang berupa stimulus dan output yang berupa respons.

Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.

Faktor Visible oleh TV secara tidak langsung boleh mengalihkan perhatian anda dari buku ke kaca Television. Pada masa yang sama, percakapan/perbualan drama dalam TV boleh meransang otak anda.

Kemudian dari segi suasana, ada orang-orang yang memerlukan lingkungan kerja yang teratur dan rapi, tetapi yang lain lagi lebih suka apa adanya dan terbuka segala sesuatunya supaya semua dapat terlihat.

Misalnya ia menyadari bahwa pengetahuannya bertambah, kecakapanya bertambah, kebiasaanya bertambah. Jadi perubahan tingkah laku yang terjadi karena mabuk atau dalam keadaan tidak sadar, tidak termasuk perubahan dalam pengertian belajar , karena orang yang bersangkutan tidak menyadari akan perubahan itu.

Keaktifan belajar ditandai oleh adanya keterlibatan secara optimum, baik intelektual, emosional dan fisik jika dibutuhkan. Pandangan mendasar yang perlu menjadi kerangka pikir setiap guru adalah bahwa pada prinsipnya anak-anak adalah makhluk yang aktif. Individu merupakan manusia belajar yang aktif dan selalu ingin tahu.

Apabila Anda kesulitan memahami materi yang diajarkan, tanyakan kepada Expert, orang tua, atau teman yang sudah menguasai konsepnya. Jangan malu atau minder sebab pelajaran adalah hal yang sangat penting sehingga setiap masalah harus segera diatasi.

Anda digalakkan untuk mengambil makanan sebelum belajar, untuk membekalkan badan anda dengan nutrisi yang cukup dan untuk elakkan badan daripada lapar semasa belajar di dalam kelas.

Hasil dari kegiatan belajar ini dapat ditandai dengan meningkatnya kemampuan berpikir seseorang. Jadi, selain kamu memiliki pengetahuan baru, proses belajar juga akan membuat kemampuan berpikir menjadi lebih baik.

 itu sendiri pada dasarnya adalah stimulus yang meningkatkan kemungkinan timbulnya sejumlah respons tertentu, namun tidak sengaja diadakan sebagai pasangan stimulus lainnya seperti dalam classical conditioning.

Dari percobaan ini, menghasilkan konsep bahwa tingkah laku tertentu dapat dibentuk, dipelajari melalui latihan yang direncanakan. Dari eksperimen yang dilakukan Pavlov tersebut menghasilkan hukum-hukum belajar, diantaranya :

Dalam proses menumbuhkan sikap psychological, perilaku, serta pribadi anak didik, seorang guru harus melakukan pendekatan yang bijak serta hati-hati. Guru harus dapat menjadi contoh bagi anak didik dan memiliki kecakapan dalam memberikan motivasi serta mengarahkan berpikir.

Pada praktikya, tidak jarang individu yang melauli proses belajar namun pada dasarnya dia tidak mengetahui tentang apa yang sebenarnya dia harapkan dari proses yang ia lalui. Bagi orang-orang tersebut, apa yang dilakukan saat ini adalah apa yang harus dijalankan, tanpa mengetahui tentang hakikat, prinsip, faktor dan berbagai kemungkinan untuk kehidupannya di masa mendatang. Dengan bertumpu belajar pada praktik tersebut, kami akan mencoba membahas sedikit tentang apa yang kami ketahui tentang belajar itu sendiri.

Report this wiki page